Di Wuhan, Dokter Palestina Ajak Warga Arab Jadi Sukarelawan Perangi Virus Corona

- Februari 11, 2020
Seorang warga Palestina, Ali Al-Waari, menulis status melalui aplikasi pesan terkenal di Cina WeChat yang menyatakan keinginannya untuk menjadi sukarelawan dalam memerangi wabah virus Corona.

Dalam statusnya, Ali mengajak teman-temannya dari negara Arab untuk bergabung dalam kerja sosial itu.

Tak lama setelah itu, sebanyak 33 warga Arab yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina menyatakan bersedia untuk menjadi sukarelawan.

Ali adalah seorang dokter spesialis bedah dada yang fasih berbahasa Cina.

Pada awalnya, ia membuat grup khusus di aplikasi WeChat untuk menerjemahkan berita dari sumber-sumber resmi terkait virus Corona ke dalam bahasa Arab, terutama mengenai upaya yang dilakukan di Wuhan untuk menangani korban. Hal tersebut dia lakukan untuk membantu teman-temannya mendapat informasi lebih banyak tentang virus Corona.

Setelah itu, satu persatu teman-teman Ali yang berasal dari negara Arab ikut bergabung dalam grup tersebut. Jumlah mereka lebih dari 400 orang. Mayoritas mereka berdomisili di Wuhan.

Secara pribadi, Ali yakin bahwa wabah virus Corona bisa diatasi.

“Saya yakin, kami akan berhasil memerangi wabah ini. Namun, beberapa siswa internasional sangat ketakutan karena mereka baru berusia 18 atau 19 tahun. Saya harus menjaga mereka layaknya kakak kandung meskipun di sini mereka sudah diperhatikan oleh universitas tempat mereka belajar,” tutur Ali seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Menurut Ali, dalam grup WeChat tersebut, dia memainkan banyak peran setiap harinya, mulai dari penerjemah, dokter, kakak laki-laki, dan lain-lain.

Selain mendaftarkan nama-nama mereka yang ingin melakukan pekerjaan sukarela untuk memerangi wabah virus Corona, grup WeChat itu dikelola Ali dengan baik dan rapi.

Dalam grup itu, Ali menulis poin-poin penting tentang pencegahan wabah penyakit di antaranya cara mencuci tangan yang benar, memakai masker, membersihkan rumah, dan hal-hal lainnya.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search