Jika Tanah Ambles di Sini, Bersiaplah untuk Datangnya Kiamat

- Desember 20, 2018
Tanah ambles adalah fenomena yang terjadi di bumi yang diakibatkan oleh banyak faktor. Di antaranya faktor alam dan faktor manusia.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa tanah ambles (sinkhole) di sebuah wilayah di muka bumi ini adalah salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya, nomor hadits 2901, Kitab Fitnah dan Tanda-Tanda Hari Kiamat, Bab Tanda-Tanda Sebelum Kiamat Terjadi.

Hadits tersebut berbunyi,
حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، وَإِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَابْنُ أَبِي عُمَرَ الْمَكِّيُّ - وَاللَّفْظُ لِزُهَيْرٍ، قَالَ إِسْحَاقُ: أَخْبَرَنَا، وقَالَ الْآخَرَانِ: حَدَّثَنَا - سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ فُرَاتٍ الْقَزَّازِ، عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ، عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ، قَالَ: اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ، فَقَالَ: «مَا تَذَاكَرُونَ؟» قَالُوا: نَذْكُرُ السَّاعَةَ، قَالَ: " إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ - فَذَكَرَ - الدُّخَانَ، وَالدَّجَّالَ، وَالدَّابَّةَ، وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ، وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ: خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ، وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ، تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ 

Abu Khaitsamah Zuhair bin Harb, Ishaq bin Ibrahim, dan Ibnu Abi Umar Al-Makki telah menyampaikan kepada kami – Lafal ini disampaikan oleh Zuhair.

Ishaq mengatakan, “Telah mengabarkan kepada kami.” Sementara dua perawi (orang yang meriwayatkan) lainnya mengatakan, “Telah menyampaikan kepada kami,” yaitu Sufyan bin Uyainah, dari Furat Al-Qazzaz, dari Abu Ath-Thufail, dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari, dia mengatakan,

“Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam melihat kami ketika sedang berbincang-bincang.”

Beliau bertanya, “Apa yang sedang kalian perbincangkan?”

Orang-orang menjawab, “Kami sedang membicarakan perihal Hari Kiamat.”

Beliau bersabda, “Hari Kiamat tidak akan terjadi hingga kalian melihat 10 tanda sebelumnya.”

Beliau melanjutkan,

“(yaitu) munculnya asap, Dajjal, binatang melata, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa putra Maryam Alaihissalam, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, dan terjadinya 3 tanah yang tenggelam (ambles), yaitu tanah tenggelam di sebelah Timur, di sebelah Barat, dan di Jazirah Arab. Dan tanda terakhir dari semua itu adalah api yang muncul dari arah Yaman dan menggiring manusia menuju tempat mereka dikumpulkan (Mahsyar).” 

Semua tanda yang disebutkan dalam hadits ini adalah tanda-tanda besar Hari Kiamat. Adapun tanda-tanda kecilnya diterangkan dalam banyak hadits. Hampir semua tanda telah terjadi di dunia ini.

Sebagai orang beriman, sudah sepantasnya membekali diri dengan ketakwaan sebelum hari yang telah ditentukan itu datang.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search