Tafsir Mimpi Bertemu Calon Istri Tampak Hitam dan Pendek

- Mei 13, 2024

 

tafsir mimpi bertemu calon istri

Terkadang seseorang yang mau menikah bermimpi dengan mimpi aneh. Misalnya mimpi bertemu calon istri tetapi dalam mimpi itu ia tampak hitam dan sangat pendek. Apa artinya? Ibnu Sirin, pakar tafsir mimpi, pernah menafsirkannya dan yang terjadi berikutnya tepat sebagaimana penafsirannya.

Ibnu Sirin memiliki nama asli Abu Bakar Muhammad bin Sirin al-Bashri. Tabiin ini lahir pada tahun 33 hijriyah. Belajar dari banyak sahabat Nabi seperti Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, dan Anas bin Malik, Ibnu Sirin tumbuh menjadi seorang ulama ahli fiqih dan perawi hadits. Dan yang paling terkenal dari ulama ini adalah ilmu tafsir mimpi.    

Suatu hari, seorang laki-laki mendatanginya. Sebagaimana banyak orang lainnya, laki-laki itu mengkonsultasikan tentang mimpi yang menurutnya aneh. Ia ingin mengetahui tafsir mimpi itu langsung dari pakarnya.

“Aku sudah melamar seorang wanita. Lalu aku bermimpi melihatnya dalam kondisi hitam dan sangat pendek,” laki-laki itu menceritakan mimpinya.

Di sinilah ia menyadari kalau mimpi itu memiliki makna tertentu. Sebab wanita yang ia lamar tidak seperti itu. Wanita yang ia lihat dalam mimpinya memang calon istrinya. Namun, calon istrinya tidaklah sehitam dan sependek yang ia lihat dalam mimpi. Pertanda apakah ini?

Ibnu Sirin pun menafsirkan mimpi itu. “Hitamnya wanita itu menunjukkan hartanya. Sedangkan pendeknya wanita itu menunjukkan usianya yang pendek.”

Tak lama setelah mereka menikah, terjadilah persis seperti tafsir mimpi Ibnu Sirin tersebut. Istri laki-laki itu meninggal.  Dan laki-laki itu kemudian mewarisi banyak harta dari istrinya.

Baca juga: Mimpi Berjabat Tangan

 

Syekh Khalid Ali bin Muhammad Al-Anbari menjelaskan mengapa Ibnu Sirin menafsirkan hitam adalah harta dan pendeknya tubuh wanita adalah usia. Dalam bahasa Arab, sawad bisa berarti harta. Li Fulanin sawadun artinya malun katsirun (mempunya harta yang banyak).

 

Sedangkan pendeknya tubuh ia qiyaskan dengan pendeknya usia wanita tersebut. Lalu kedua makna ini ia gabungkan sehingga menjadi tafsir mimpi seperti di atas. [Fimadani]

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search