Bukti Cinta Saudi Untuk Palestina Dalam Haji Tahun Ini

- Juni 13, 2023

Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syaikh Prof. Dr. Abdurrahman As-Sudais, mengatakan pada hari Ahad (11 Juni 2023), bahwa Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud memerintahkan untuk menampung seribu jamaah haji dari Palestina secara gratis selama pelaksanaan haji tahun ini. Hal itu, kata Syaikh As-Sudais, merupakan bukti cinta dan perhatian Kerajaan Arab Saudi terhadap Palestina, tempat-tempat suci umat Islam dan Masjid Al-Aqsha. 

“Menampung seribu jamaah haji secara gratis dari keluarga para syuhada, tahanan dan warga Palestina yang terluka untuk menunaikan ibadah haji tahun ini adalah wujud perhatian Kerajaan Arab Saudi terhadap negara Palestina,” jelas Syaikh As-Sudais seperti dilansir kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA). 

Syaikh As-Sudais menambahkan, keputusan tersebut menegaskan keinginan Raja Saudi untuk menjaga para tamu rumah Allah Masjidil Haram dari kalangan umat Islam yang datang dari seluruh penjuru dunia, dan berempati kepada mereka yang mengalami cobaan dan kesulitan hidup di negara masing-masing. 

Langkah tersebut, lanjut Syaikh As-Sudais mencerminkan posisi Kerajaan Arab Saudi yang sebenarnya dan kepemimpinannya di dunia Islam serta perannya dalam merespons isu-isu yang berkaitan dengan umat Islam seluruh dunia. 

Pelaksanaan haji secara gratis bagi seribu jamaah haji Palestina ini merupakan bagian dari Program Tamu Penjaga Dua Masjid Suci yang dilaksanakan dan diawasi oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi. 

Menteri Wakaf dan Urusan Agama Palestina, Hatem Al-Bakri, memuji keputusan Raja Salman tersebut. Ia menekankan bahwa dukungan Arab Saudi untuk Palestina sudah dibuktikan di segala bidang. 

“Di antaranya adalah melayani dan menjamu para tamu Allah dalam pelaksanaan haji,” katanya seperti dilansir Saudi Press Agency (SPA), Sabtu (10 Juni 2023). 

Selama bertahun-tahun, Kerajaan Arab Saudi sejatinya telah menjamu seribu jamaah haji Palestina dari keluarga para syuhada secara gratis. Namun, tahun ini kategori haji undangan diperluas dengan memasukkan keluarga para tahanan dan mereka yang terluka. 

Jamaah haji dari seluruh dunia akan melakukan manasik haji bulan ini. Arab Saudi telah mempersiapkan pelaksanaan haji dengan perkiraan jumlah jamaah yang luar biasa setelah melewati masa pandemi Corona. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search