Sempat Dibilang Hoaks, Ternyata Belasan Pangeran Saudi Terjangkit Corona

- Mei 01, 2020
Sekitar satu bulan lalu, beredar kabar tentang sejumlah pangeran Arab Saudi yang terjangkit virus Corona (Covid-19) di sejumlah media daring (online). Berita itu diturunkan oleh media yang berasal dari luar Arab Saudi.

Media lokal dan nasional Arab Saudi tak sedikit pun memberitakannya. Sehingga, beberapa kalangan menyebut berita tersebut hoaks atau sekadar isu.

Teka-teki itu pun terjawab setelah mantan kepala intelijen Arab Saudi, Pangeran Turki Al-Faisal mengungkapkan, belasan anggota keluarga Al-Saud terjangkit Covid-19.

Pangeran Turki yang merupakan salah satu putra mendiang Raja Faisal bin Abdul Aziz itu menjelaskan dalam sebuah artikel berjudul Khawathir Kuruniyyah (2) yang diterbitkan surat kabar yang Ash- Sharq Al-Awsat, pada hari Rabu (29 April 2020), bahwa jumlah keluarga kerajaan Arab Saudi yang terinfeksi Covid kurang dari 20 pangeran.

Jumlah tersebut dia sampaikan sebagai bantahan terhadap berita yang dilaporkan New York Times awal April lalu, tentang 150 pangeran yang terinfeksi Covid-19.

Menurut Pangeran Turki, jumlah tersebut tidak berdasarkan fakta di lapangan.

“Di samping itu, tidak ada rumah sakit khusus untuk mereka, bahkan mereka dirawat seperti warga dan penduduk Arab Saudi pada umumnya,” jelasnya.

Sampai saat ini, Arab Saudi mencatat 22.753 kasus Covid-19, dengan kematian berjumlah 162 jiwa dan pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 3.163.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search