Elektabilitas Jokowi Turun, Pengamat: Masyarakat Mulai Tidak Nyaman

- Maret 21, 2019
Salah satu lembaga survei menyebutkan, keterpilihan kandidat presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi mulai menurun. Bahkan, ada yang melansir, Prabowo lebih unggul dari Jokowi.

Hal tersebut dinilai oleh pengamat politik Hendri Satrio merupakan indikasi dari perasaan masyarakat Indonesia yang tidak nyaman dengan Jokowi.

Hendri menjelaskan, dua hal yang merupakan tantangan bagi Jokowi adalah aspek ekonomi dan hukum.

Menurutnya, sekalipun di era Jokowi telah dibangun banyak sarana dan prasarana, namun masyarakat lebih mementingkan soal lapangan kerja dan harga bahan pokok.

“Jadi memang pertanyaan besarnya, masyarakat nyaman [atau] tidak dengan Jokowi? Bila tidak nyaman, maka elektabilitas akan turun terus, apapun program yang digelontorkan oleh Jokowi,” jelas Hendri seperti dilansir RMOL, Rabu (20 Maret 2019).

Di samping itu, imbuh Hendri, faktor lain yang membuat elektabilias Jokowi turun adalah sikap masyarakat yang terang-terangan mendukung Prabowo-Sandi.

Begitu pula, lanjut Hendri, kasus yang menyeret ketua umum PPP Romahurmuziy juga memengaruhi elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

Beberapa bulan lalu, beberapa survei melansir keunggulan Jokowi-Ma’ruf di atas Prabowo-Sandi. Ada yang menyebutkan Jokowi menang telak, ada pula yang mengatakan menang tipis.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search