Terpojok, Inilah Penampakan MBS di KTT G20

- Desember 01, 2018
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) terlihat terpojok ketika berada di Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 (KTT G20) di Buenos Aires, Argentina pada hari Jumat (30 November 2018) kemarin. Dalam beberapa situasi, hal tersebut sangat jelas terekam oleh kamera wartawan.

Salah satunya ketika sesi foto resmi bersama para pemimpin pejabat tinggi dunia peserta KTT.

Pada saat Pangeran MBS berjalan menuju panggung, hanya beberapa orang yang mau menyapa dan bersalaman dengannya. Sementara yang lainnya hanya lewat begitu saja. Dalam sesi foto itu, Pangeran MBS berdiri di pinggir kanan di barisan belakang.

Kehadiran Pangeran MBS di KTT Internasional ini mengundang kontroversi setelah mencuatnya kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi di konsulat negaranya di Istanbul Turki pada awal bulan Oktober 2018 lalu.

Setelah sesi foto selesai, Pangeran MBS yang secara de facto merupakan penguasa Arab Saudi itu segera meninggalkan panggung tanpa berjabat tangan atau berbicara dengan pemimpin negara lain.

Di tengah panggung ada Presiden Argentina Mauricio Macri yang menjadi tuan rumah KTT G20 tahun ini.

Macri mengatakan, dugaan keterlibatan Pangeran MBS dalam kematian Khashoggi dapat didiskusikan oleh para pemimpin dunia dalam KTT yang berlangsung dua hari tersebut, seperti dikutip Reuters.
Sementara itu, pihak Arab Saudi mengatakan Pangeran MBS tidak mengetahui sama sekali perihal pembunuhan sadis tersebut.

Beberapa pekan sebelumnya, Kejaksaan Agung Arab Saudi menyatakan, otak pelaku pembunuhan adalah Mayor Jenderal Ahmad Asiri, mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Umum Arab Saudi.

Dalam KTT G20 ini, salah seorang pemimpin dunia yang mau bersalaman dengan Pangeran MBS adalah Presiden Rusia Vladimir Putin. Mereka terlihat akrab dan duduk bersebelahan di ruang pertemuan utama.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search