Iran Berterima Kasih Kepada Arab Saudi, Ada Apa?

- Desember 24, 2021

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menyampaikan ucapan terima kasih negaranya kepada Kerajaan Arab Saudi. Hal ini ia sampaikan karena Arab Saudi telah memfasilitasi perjalanan duta besar Iran untuk milisi Hutsi dari Sana’a ke Teheran. 

Abdollahian menegaskan, Iran berharap ada perkembangan terkait hubungan diplomasi dengan Kerajaan Arab Saudi. 

Hal tersebut diungkapkan Abdollahian dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Irak Ahmed Al-Sahaf di ibukota Iran, Teheran. 

“Saya juga berterima kasih kepada Irak karena memfasilitasi dialog Iran dengan Arab Saudi,” tambah Abdollahian, seperti dilansir akhaleejonline, Kamis (23 Desember 2021). 

“Kami telah merampungkan proposal kerja sama dengan Arab Saudi dan kami memandang positif untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut di kota Baghdad,” tuturnya. 

Duta Besar Iran untuk milisi Hutsi, Hassan Erlo, meninggal dunia pada hari Selasa (21 Desember 2021), dua hari setelah ia kembali dari Yaman dengan menumpang pesawat Irak. 

Arab Saudi mengizinkan pesawat tersebut melintas meskipun memberlakukan blokade udara terhadap Yaman yang dikendalikan oleh Hutsi sekutu Iran. 

Pemerintah Iran memerintahkan agar Hassan Erlo dievakuasi dari Yaman karena terinfeksi virus Corona. Namun, sesampai di Teheran, nyawanya tidak dapat diselamatkan. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search