4 Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Luar Biasa

- Juli 27, 2021

puasa senin kamis

Sesuai namanya, Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Puasa Senin Kamis memiliki sejumlah keutamaan yang luar biasa. Ini empat di antaranya:

1. Rasulullah selalu mengerjakannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa mengerjakan puasa Senin Kamis. Beliau senantiasa menjaganya, sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha:

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selalu menjaga Puasa Senin Kamis. (HR. Tirmidzi dan Ahmad; shahih lighairihi)

2. Hari istimewa

Keutamaan Puasa Senin Kamis yang kedua, adalah keistimewaan hari itu. Terutama hari Senin. Di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lahir pada hari Senin, Rasulullah mendapatkan wahyu juga pada hari Senin.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Nabi ditanya tentang puasa pada hari Senin, maka beliau bersabda, “Itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim)

3. Amal diperlihatkan pada Senin dan Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis yang ketiga, pada hari itu amal-amal diperlihatkan/dilaporkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka betapa beruntungnya orang yang di hari itu dalam kondisi berpuasa.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa. (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi)

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ فِى كُلِّ يَوْمِ خَمِيسٍ وَاثْنَيْنِ فَيَغْفِرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِى ذَلِكَ الْيَوْمِ لِكُلِّ امْرِئٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ امْرَأً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ ارْكُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا ارْكُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka pada hari itu Allah Azza wa Jalla mengampuni setiap orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang bermusuhan dengan saudaranya. Maka dikatakan, “Biarkan keduanya hingga berdamai, biarkan keduanya hingga berdamai.” (HR. Muslim)

Baca juga: 10 Syarat Menjadi Imam

4. Pintu surga dibuka

Pada hari Senin dan Kamis pula, pintu surga dibuka. Ini menunjukkan betapa mulianya hari itu dan betapa beruntungnya orang-orang yang berpuasa pada hari itu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan. (HR. Muslim)

Demikian empat keutamaan Puasa Senin Kamis. Semoga semakin memotivasi kita untuk berusaha mengerjakannya. Pembahasan lengkap termasuk tata cara dan niat, silakan baca Niat Puasa Senin Kamis. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Fimadani]

 

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search