Kasus Covid Melonjak, Muhadjir: Banyak Pemudik Bandel

- Juni 17, 2021

Kasus positif Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak beberapa hari terakhir di bulan Juni 2021. Hal ini disoroti oleh sejumlah pihak. Di antaranya adalah Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P Muhadjir Effendy. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu berpendapat, lonjakan kasus ini terjadi karena sebagian masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman pada Idul Fitri lalu. 

Mantan pimpinan pusat Muhammadiyah itu mengatakan, banyak masyarakat yang bersikukuh untuk mudik. Sehingga, ujarnya, muncul klaster baru penyebaran Covid-19. 

"Banyak sekali pemudik yang bandel dan kembali ke daerah asal membawa covid-19 kemudian menciptakan klaster keluarga,” terangnya dalam siaran pers, Kamis (17 Juni 2021). 

Selain itu, lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Jokowi tersebut, ada klaster resepsi pernikahan dan ziarah kubur. 

Melihat hal ini, Muhadjir mengimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan di mana pun berada. Sebab, katanya, varian Covid-19 dari luar negeri telah sampai ke Indonesia. 

Muhadir mengingatkan, jika masyarakat tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, penyebaran Covid-19 tidak bisa dikendalikan. 

Saat ini, virus Corona yang berasal dari Wuhan, China itu telah menginfeksi lebih dari 177 juta orang di seluruh dunia. Sebanyak 3,8 juta orang lebih dinyatakan meninggal akibat Corona. Sementara itu, korban yang dinyatakan sembuh berjumlah lebih dari 162 juta jiwa. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search