Istri Joget TikTok, Ini Kata Ustadz Solmed

- April 06, 2021

Beberapa hari terakhir, dunia maya dihebohkan oleh joget TikTok yang dilakukan mantan artis yang juga istri seorang pendakwah, April Jasmine. 

Istri ustadz Soleh Mahmoed atau Solmed itu mengunggah videonya sedang menari bersama teman-temannya di media TikTok. 

Sontak saja, para warganet menanggapi video tersebut. Banyak yang menilai video April Jasmine itu tidak pantas karena suaminya adalah dai yang sering mengisi ceramah di berbagai acara. 

Mengetahui hal itu, Ustadz Solmed pun berkomentar. Dalam akun instagramnya, ia memperlihatkan sebuah tulisan berbahasa Arab. Ia mengatakan, tulisan itu menerangkan tentang hukum menari. Intinya, menurut Solmed, hukum menari adalah boleh namun dengan beberapa catatan. 

Dalam sebuah wawancara, Ustadz Solmed mengatakan, apa yang dilakukan istrinya di akun TikTok tidak menyalahi aturan agama. Ia pun menganalogikannya dengan senam kesehatan jasmani (SKJ) yang dilakukan siswa-siswa sekolah. Begitu juga, tuturnya, ketika menyanyikan lagu ‘Potong Bebek Angsa’, para siswa sekolah menggerak-gerakkan tangan dan kakinya ke kiri maupun ke kanan. 

"Jadi yang salah itu apanya? gerakannya? atau lagunya? atau TikToknya?” kata Ustadz Solmed. 

Dai kelahiran Jakarta itu meminta semua masyarakat untuk melihat masalah yang ada dengan hati yang jernih. Ia menjelaskan, semenjak lama, para ulama telah membahas tentang hukum tarian dengan beragam hujah yang mereka miliki. Meski berbeda pendapat, mereka tetap saling menghargai. 

Ustadz Solmed adalah dai berdarah batak. Ia mulai dikenal masyarakat setelah meraih juara umum dalam lomba ceramah tingkat nasional pada tahun 2000 silam. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search