Pengakuan Luhut Soal Kekuatan Cina di Dunia

- Juni 06, 2020
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui Cina sebagai salah satu negara di dunia dengan kekuatan yang tidak boleh diremehkan.

Hal itu dia sebutkan setelah banyak isu negatif tentang hubungan dirinya dengan Cina.

Menurut Luhut, ekonomi negara Cina mempunyai pengaruh terhadap ekonomi global sekitar 18 persen sedangkan Amerika Serikat sebesar 25 persen.

“Jadi suka tidak suka, senang tidak senang, mau bilang apa pun, Tiongkok ini merupakan kekuatan dunia yang tidak bisa diabaikan,” terangnya, Jumat (5 Juni 2020) seperti dikutip Republika.

Dalam diskusi virtual yang diikuti generasi milenial, Luhut berharap masyarakat tidak mempunyai pikiran sempit terkait investasi yang dilakukan Cina di Indonesia.

Sebab, lanjutnya, Indonesia mesti menjalin hubungan baik dengan semua negara di dunia. Tujuannya agar kekuatan Indonesia bisa didukung oleh banyak negara.

Sehingga, kata Luhut, tidak ada dasar untuk memusuhi negara lain.

Luhut pun mengomentari tentang pendapat sejumlah kalangan bahwa tenaga kerja asing yang berasal dari negeri Cina akan mengurangi lapangan pekerjaan bagi warga Indonesia.

Luhut menegaskan, jumlah tenaga kerja yang berasal dari Cina sangat sedikit jika dibandingkan dengan tenaga kerja Indonesia.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search