Korban Corona Lebih 100 Ribu, Iran Tetap Selenggarakan Shalat Idul Fitri

- Mei 19, 2020
Iran salah satu negara dengan jumlah korban Corona terbanyak yang di dunia.

Hingga saat ini, korban terinfeksi Corona berjumlah 122.492 jiwa. Sebanyak 7.057 orang di antaranya meninggal dunia. Adapun korban yang dinyatakan sembuh berjumlah 95.661 orang.

Sejumlah negara dengan penduduk mayoritas Islam membatasi kegiatan keagamaan di masjid guna mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19) termasuk pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri tahun ini.

Hal yang berbeda dilakukan Iran. Meski korban lebih dari 100 ribu jiwa, seorang pejabat Iran mengumumkan bahwa shalat Idul Fitri 1441 H akan diadakan di tempat-tempat terbuka di semua kota.

Sekretaris Komite Penanggulangan Wabah Virus Corona Iran, Hussein Kazemi, mengatakan, kerjasama warga dalam mengisi Lailatul Qadr dengan menerapkan aturan kesehatan di masjid-masjid selama bulan Ramadhan memudahkan pemerintah untuk membuat keputusan tentang shalat Idul Fitri berjamaah.

“Oleh karena itu, shalat Idul Fitri akan diselenggarakan di tempat-tempat terbuka di semua kota. Adapun di tempat-tempat yang memuat banyak jamaah, seperti masjid besar di beberapa kota, shalat Idul Fitri tidak akan dilaksanakan,” tuturnya seperti dilansir Kantor Berita Iran (IRNA).

Dalam sepuluh hari terakhir Ramadhan, pemerintah Iran mengizinkan warganya untuk mengisi Lailatul Qadr di masjid dengan memerhatikan aturan kesehatan yang berlaku.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search