Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak Meninggal Dunia

- Februari 25, 2020
Mantan Presiden Mesir Muhammad Husni Mubarak meninggal dunia pada hari ini, Selasa (25 Februari 2020) dalam usia 91 tahun di sebuah rumah sakit militer Kairo, Mesir.

Kematian Husni Mubarak dikonfirmasikan oleh tim kedokteran dan keluarga almarhum. Ia meninggal dunia setelah beberapa minggu menjalani operasi perut di rumah sakit militer.

Menurut laporan BBC, jenazah Mubarak akan dimakamkan secara militer, meskipun semasa hidupnya ia dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi terkait istana presiden selama pemerintahannya.

Husni Mubarak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden pada 11 Februari 2011 silam, setelah terjadi demonstrasi besar-besaran yang menentang pemerintahannya.

Karir Politik Husni Mubarak

Sebelum terjun ke dunia politik, Husni Mubarak adalah Kepala Staf Angkatan Udara dengan pangkat Letnan Jenderal hingga diangkat sebagai wakil presiden pada masa pemerintahan Anwar Sadat.

Pada 14 Oktober 1981, Mubarak dilantik sebagai presiden Mesir setelah Anwar Sadat meninggal dunia akibat ditembak oleh sejumlah orang dalam sebuah parade militer.

Husni Mubarak memerintah Mesir selama hampir 30 tahun. Pengunduran dirinya dari kursi kepresidenan disampaikan Kepala Badan Intelijen Umum Mesir, Umar Sulaiman setelah 11 hari demonstrasi massa terjadi dalam peristiwa Revolusi 25 Januari 2011 silam.

Sejumlah sumber dari pihak militer menyampaikan kepada BBC, upacara militer untuk pemakaman jenazah Mubarak akan dilaksanakan besok, Rabu (26 Februari 2020), yang dimulai dari Masjid Al-Musyir Tantawi di Kota Nasr, sebelah timur Kairo, Mesir.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search