Banyak Dokter Bergaji di Bawah Rp3 Juta? Ini Respons IDI Terhadap Prabowo

- Januari 15, 2019
Pidato yang dipaparkan calon Presiden Prabowo Subianto di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta memuat sejumlah visi misi yang akan diwujudkannya jika berhasil memenangi pilpres 2019.

Di antara yang dibahasnya adalah gaji para dokter. Prabowo menuturkan akan meningkatkan gaji dokter dalam pemerintahannya kelak.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyampaikan bahwa banyak dokter di Indonesia yang digaji kurang dari 3 juta rupiah.

Hal tersebut pun ditanggapi oleh pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Memang masih banyak dokter, terutama dokter umum yang berada di garda depan, penghasilannya di bawah Rp3 juta,” ujar Ketum PB IDI Dr Daeng M. Faqih seperti dilansir CNNIndonesia, Selasa (15 Januari 2019).

Daeng tidak menepis pernyataan Prabowo bahwa di sejumlah daerah masih banyak dokter umum yang menerima gaji kurang dari 3 juta rupiah per bulan.

Daeng menuturkan, apabila Pemerintah Daerah tidak mengalokasikan insentif bagi para dokter, maka sudah pasti gaji mereka kecil.

Ditambah lagi, imbuhnya, pada saat sekarang tidak ada penghasilan tambahan bagi dokter yang melakukan praktik pada sore hari.

Daeng pun tak menepis fakta yang ada bahwa beberapa dokter mempunyai penghasilan yang tinggi. Di antaranya adalah para dokter spesialis yang melakukan praktik atau bekerja di perkotaan.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search