Akademisi Ini Nilai Prabowo-Sandi Lebih Unggul, Alasannya Sangat Logis

- Januari 18, 2019
Debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden pada Kamis (17 Januari 2019) malam berjalan lancar dan hangat. Masing-masing pasangan mengkritik rivalnya, baik secara eksplisit maupun implisit.

Sejumlah pengamat memberi penilian tentang debat yang dilaksanakan di Hotel Bidakara yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Seorang pengamat dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Adiwibowo menuturkan, Prabowo-Sandi lebih unggul dibandingkan Jokowi-Ma’ruf.

Menurut pendapatnya, hal tersebut karena Prabowo-Sandi bersikap tenang ketika menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepada mereka. Begitu pula, ketika menanggapi pernyataan dari Jokowi-Ma’ruf.

“Prabowo-Sandi lebih unggul, karena lebih cair atau rileks. Sementara Jokowi-Ma’ruf terlihat tegang,” ujar Kunto seperti diberitakan CNNIndonesia, Jum’at (17 Januari 2019).

Di samping itu, lanjut Kunto, Prabowo-Sandi lebih kompak selama berada di arena debat.

Kunto juga menuturkan, performa Jokowi sedikit terganggu dengan naskah yang dibacanya ketika menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan kepadanya.

Selain itu, Kunto pun melihat beberapa kali Jokowi memaparkan jawaban yang tidak selaras dengan pertanyaan.

Pengamat semiologi itu juga menyoroti sikap Jokowi yang melipat lengan kemejanya. Hal tersebut bisa dipahami bahwa Jokowi terlihat emosi.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search