Pembangunan Patung Yesus di Sini Disetop, Apa Alasannya?

- Januari 13, 2019
Pembangunan patung Yesus di Papua resmi disetop oleh pemerintah provinsi setempat. Menurut rencana, patung tersebut dijadikan salah satu destinasi kunjungan yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pejabat yang terkait dengan pembangunan patung tersebut menuturkan, permasalahan yang sedang dihadapi adalah klaim sebagian masyarakat terhadap tanah lokasi pembangunannya.

“Bukan salah pemerintah, tetapi selalu ada penghalangan sehingga kami untuk berhenti dan nampaknya [ikon patung] tidak bisa turut menyemarakkan pelaksanaan PON XX pada 2020 di Papua sebagai salah satu tempat wisata,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua Girius One Yoman, Sabtu (12 Januari 2019) seperti dilansir CNN Indonesia.

Girius menuturkan, sejatinya pemerintah telah membayar biaya pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan tersebut kepada pihak yang memiliki tanah.

Namun demikian, lanjut Girius, ada pihak lain yang mengaku punya hak atas tanah tersebut.

Melihat permasalahan yang dihadapi pemerintah setempat terkait tanah itu, maka biaya untuk membebaskan lahan tidak dimasukkan dalam anggaran tahun 2019 ini.

Sehingga, kata Girius, dengan dengan demikian pembangunan patung Yesus tidak bisa dilanjutkan.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search