Hari HAM Internasional, Pejabat Inggris Ini Kutip Perkataan Dua Khalifah Islam

- Desember 12, 2018
Seorang pejabat Inggris pada hari Senin (10 Desember 2018) mengutip perkataan dua sahabat senior Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam yang merupakan dua khalifah dalam pemerintahan Islam. Pejabat itu menyebutkannya terkait dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional.

“Pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia, kita mengingat apa yang pernah dikatakan para khalifah Islam,” kata Edwin Samuel, juru bicara pemerintah Inggris di Timur Tengah dan Afrika Utara, melalui akun Twitter resminya dalam bahasa Arab.

Samuel yang fasih berbicara dalam bahasa Arab itu mengutip perkataan Khalifah Umar bin Khattab yang sangat terkenal.

“Ketika kalian memperbudak manusia, ingatlah mereka dilahirkan oleh ibu mereka dalam keadaan merdeka,” katanya.

Samuel juga mengutip perkataan Khalifah Ali bin Abi Thalib. “Manusia ada dua kelompok: ada saudaramu seagama, ada temanmu dalam budi pekerti,” cuitnya.

Pejabat Inggris yang saat ini berdomisili di Dubai Uni Emirat Arab (UEA) itu menuturkan bahwa perkataan Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib itu bisa menjadi rujukan dalam membela hak-hak asasi manusia.

“Perkataan mereka sangat berguna dalam membela harkat dan martabat manusia serta kesetaraan hak asasi manusia,” katanya.

Ini bukan pertama kalinya Samuel berbicara tentang Islam. Sekitar dua tahun lalu, dia merekam video ketika berada di halaman Masjid Syaikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam video pendek yang dia unggah ke akun twitternya itu, dia mengungkapkan kekagumannya tatkala mendengar suara lantunan azan.

“Saat ini saya sedang berada di depan Masjid Jami di Abu Dhabi. Suara ini adalah suara lantunan azan yang sangat menakjubkan. Suara yang menyentuh sisi emosi, psikologis dan spiritual manusia dari semua agama. Semoga Allah mengaruniakan berkah kepada pemerintah UEA yang memberikan contoh untuk sikap toleransi antar agama dan antara sesama manusia,” paparnya dalam bahasa Arab.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search