Gempa Turki-Suriah, Jumlah Korban Terus Bertambah

- Februari 08, 2023

Jumlah korban Turki-Suriah hingga hari ini terus bertambah. Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, pada Selasa (7 Februari 2023) malam mengumumkan, jumlah korban meninggal akibat gempa yang melanda bagian selatan negara itu telah meningkat menjadi 6.234 orang. 

Dalam pernyataannya di Pusat Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) di Ankara, Oktay menyampaikan bahwa jumlah korban luka meningkat menjadi 37. 011 orang. 

“Tim terkait telah membuka seluruh jalan untuk dukungan logistik hingga ke lokasi gempa,” tutur Oktay seperti dilansir kantor berita Anadolu

Oktay menambahkan, jumlah bangunan yang hancur akibat gempa mencapai 5.775 bangunan. Selain itu, lanjutnya, sekitar 8.000 orang berhasil diselamatkan dari bawah reruntuhan. 

Sementara itu, korban gempa di Suriah meningkat menjadi 1.559 orang meninggal dunia dan 3.648 orang luka-luka. 

Pada hari Senin (6 Februari 2023) pagi, gempa berkekuatan 7,7 skala richter melanda Turki selatan dan Suriah utara. Beberapa jam kemudian terjadi puluhan kali gempa susulan, di antaranya berkekuatan 7,6 skala richter, yang menyebabkan banyak korban jiwa dan harta benda di kedua negara. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search