Jokowi Minta Jangan Ada yang Merasa Paling Agamis

- Agustus 14, 2020
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, demokrasi yang berlaku di Indonesia menjamin kebebasan semua warga untuk menyatakan pendapat di depan umum. 

Meskipun demikian, tutur Jokowi, kebebasan tersebut mesti dilaksanakan dengan menghormati hak orang lain, sehingga tidak timbul sikap menyalahkan pihak lain yang tidak sependapat. 

“Jangan ada yang merasa paling agamis sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri,” kata Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14 Agustus 2020) seperti dilansir Republika

Jokowi menilai, sikap merasa paling benar sendiri justru adalah sikap yang tidak benar. Untuk itu, Jokowi mengajak semua unsur dari rakyat Indonesia untuk bekerja sama dalam hal kebaikan. 

Sungguhpun demikian, menurut mantan walikota Solo itu, sebenarnya sebagian besar rakyat Indonesia mempunyai sikap toleransi antar sesama. Dengan demikian, Jokowi yakin bahwa penanganan terhadap krisis yang sedang melanda negara ini bisa dilakukan dengan baik. 

Menurut mantan gubernur DKI Jakarta itu, nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila adalah hal yang terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search