Pengurus Masjid Ini Lakukan Cara Unik Usir Virus Corona

- April 12, 2020
Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menangkal penyebaran virus corona (Covid-19) yang telah masuk menyebar ke banyak provinsi di Indonesia.

Salah satunya yang dilakukan oleh Pengurus Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon, Jawa Barat.

Menurut Penghulu Masjid, H. Jumhur, usaha yang dilakukan untuk menangkal virus Corona adalah dengan mengucapkan kalimat basmalah dan shalawat untuk Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pada Kamis (9 April 2020) malam.

“Dilanjut dengan mengumandangkan kalimat azan, yang dilakukan oleh tujuh orang di dalam bangunan utama masjid,” ujarnya seperti dilansir pikiran rakyat.

Setelah itu, kata Jumhur, ritual dilanjutkan dengan berkumpul di empat penjuru kota. Di sana, dikumandangkan azan oleh satu orang saja.

Kegiatan selanjutnya adalah berdoa kepada Allah dan melantunkan shalawat untuk Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam di atas mobil bak terbuka.

Menurut Jumhur, ritual seperti ini pernah dilakukan oleh Sunan Gunung Jati dan para ulama yang ada di Cirebon pada saat terjadi wabah.

Pada hari Jumat (10 April 2020), lanjut Jumhur, imam shalat jumat membaca doa qunut nazilah pada saat iktidal di rakaat kedua.

Qunut nazilah, jelas Jumhur, adalah salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika musibah terjadi.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search