Media Israel: Ada KTT yang Pertemukan Netanyahu dan MBS di Kairo

- Februari 08, 2020
Laman media Israel Hayom mengutip beberapa sumber dari diplomatik senior Arab yang mengatakan, saat ini sedang berlangsung komunikasi intensif antara Washington, Tel Aviv, Kairo dan Riyadh untuk mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Kairo, Mesir.

Dalam KTT tersebut akan ada pertemuan antara Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman Al Saud (MBS).

Lebih lanjut, laman Israel Hayom menyebutkan, KTT tersebut akan diadakan dalam beberapa minggu mendatang.

Di samping Mesir sebagai tuan rumah, Amerika Serikat, Israel dan Arab Saudi akan berpartisipasi di dalamnya. Selain itu, para petinggi dari Uni Emirat Arab (UEA), Sudan, Bahrain dan Kesultanan Oman juga turut hadir.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah melakukan komunikasi dengan beberapa pihak untuk KTT tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Di samping itu, Israel Hayom menambahkan, Yordania juga diundang untuk berpartisipasi dalam KTT, tetapi Raja Abdullah II tidak mengkonfirmasi keikutsertaannya. Ia meminta agar Otoritas Palestina dilibatkan dalam KTT tersebut.

Permintaan Raja Abdullah II pun diterima oleh Israel. Pihak Amerika Serikat mengirim pesan bahwa pemerintah Israel setuju dengan keikutsertaan Otoritas Palestina.

Di pihak lain, Otoritas Palestina belum menyatakan sikap tentang kehadirannya dalam KTT tersebut.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search