[Video] Detik-Detik Dai Palestina Meninggal Dunia Saat Sampaikan Tausiyah

- Januari 10, 2020
Pengguna media sosial di negara-negara kawasan Timur Tengah ramai menyebarkan potongan video tentang detik-detik terakhir kehidupan seorang dai Palestina Haji Mahmud Abdul Baqi (Abu Khattab) di Kuwait pada usia 83 tahun.

Dalam video yang berdurasi kurang dari dua menit tersebut, Abu Khattab terlihat sedang menyampaikan tausiyah pernikahan di hadapan khalayak ramai dalam sebuah ruangan.

Abu Khattab bercerita tentang sikap Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada istrinya, Aisyah Radhiyallahu Anha.

Di penghujung video, Abu Khattab sontak mengucapkan kalimat tauhid La Ilaha Illallah “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah.”

Melihat kondisi tersebut, banyak hadirin yang mengucapkan kalimat tauhid dan beberapa orang di antaranya mendekati Abu Khattab untuk mengecek kondisinya. Namun, ternyata dia telah meninggal dunia.

Video yang tersebar melalui twitter, facebook, youtube dan whatsapp itu dibanjiri komentar positif oleh warganet di negara Arab, terutama yang berada di Palestina, negara asal Abu Khattab dan Kuwait, tempatnya beraktivitas sehari-hari.

Abu Khattab diketahui telah menghabiskan hidupnya untuk membaca kitab-kitab dan mengujungi perpustakaan, masjid dan fasilitas umum sebagai dai yang menyeru manusia untuk menjalankan ajaran agama Allah dan sebagai guru yang mengajari mereka jalan ketaatan.

Warga Palestina dan Kuwait merasa sangat kehilangan dengan sosok Abu Khattab yang mempunyai andil besar dalam kegiatan sosial keagamaan untuk negara Kuwait secara khusus dan dunia Arab secara umum.

Apalagi, Abu Khattab adalah salah seorang pendiri Komite Zakat Al-Utsman yang merupakan sebagai salah satu komite zakat pertama di dunia Arab.

Abu Khattab Mahmud Abdul Baqi menempuh studi di bidang hukum. Ia memperoleh gelar master dalam Program Studi Islam dari Universitas Kuwait.

Setelah lulus, ia beraktivitas sebagai dai dan aktivis sosial. Hal tersebut seperti disampaikan oleh sejumlah sahabat Abu Khattab di akun media sosial.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search