Imam dan Khatib Masjid Al-Aqsha Meninggal Dunia

- Februari 16, 2019
Imam dan Khatib Masjidi Al-Aqsha periode tahun 80-an Syaikh Muhammad Shiyam meninggal dunia di ibukota Sudan Khartoum menjelang shalat Jumat (15 Februari 2019). Mantan rektor Universitas Islam Gaza itu, meninggal karena mengalami stroke.

Pemerintah Zionis Israel mendeportasi Syaikh Shiyam pada 28 Juli 1988 dari Gaza. Ia memilih untuk menetap di Sudan sampai tahun 1994. Setelah itu, ia bersama bersama keluarganya pindah ke Yaman.

Selama berdomisili di Yaman, Syaikh Shiyam memegang sejumlah jabatan strategis di antaranya Presiden Asosiasi Warga Palestina, dekan Institut Studi dan Ilmu Pengetahuan Baitul Maqdis Syaikh Abdullah Al-Ahmar, dan jabatan lainnya di berbagai lembaga dan institusi.

Setelah kondisi kesehatannya mulai memburuk, Syaikh Shiyam kembali ke Khartoum.

Sejarawan Palestina Usamah Al-Ashqar mengatakan, seperti dikutip Palestine Times, Syaikh Shiyam adalah duta Palestina yang melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk menyampaikan problem berat yang dihadapi warga Palestina.

Syaikh Shiyam juga dikenal sebagai orator ulung dan singa podium. Mimbar yang paling dia sukai adalah mimbar Masjid Al-Aqsha.

Semoga Allah memberi kelapangan pada kuburnya, mengampuni segala dosanya, dan memberinya rahmat yang melimpah.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search