Peneliti LIPI Sebut 3 Provinsi yang Mudah Termakan Hoax, Alasannya Mengejutkan

- Januari 22, 2019
Penyebaran informasi bohong (hoax) melalui media sosial sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kecanggihan teknologi yang ada membuat orang-orang dengan mudah menyebarkan berita-berita yang mereka terima tanpa melakukan konfirmasi dan klarifikasi sebelumnya.

Seorang peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam sebuah diskusi menuturkan, ada sejumlah provinsi di Indonesia yang mudah termakan oleh hoax.

Menurut Amin, provinsi yang dimaksud adalah Aceh, Jawa Barat (Jabar) dan Banten.

Sejumlah isu, ujar Amin, sering tersebar di tiga provinsi tersebut, dan diterima begitu saja oleh sebagian besar masyarakatnya.

Amin pun menarik kesimpulan dan benang merah dari tiga provinsi yang disebutkannya tersebut. Tiga provinsi itu, ujarnya, adalah daerah yang nilai agamanya sangat kental.

“Di daerah-daerah yang punya afiliasi dengan Islam politik, sangat tinggi tingkat keterimaan berita yang telah kita konfirmasi adalah hoax,” katanya seperti dilansir RMOL.

Di samping itu, ujar Amin, wilayah-wilayah Indonesia yang memiliki basis massa Nadlatul Ulama (NU) tidak mudah dipengaruhi oleh informasi-informasi hoax.

Amin tidak menjelaskan kenapa daerah-daerah mayoritas pendukung atau anggota NU tidak mudah terkena hoax.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search