Bupati Bekasi Sebut Nama Menteri Ini Dalam Sidang Meikarta

- Januari 15, 2019
Semenjak sidang kasus suap dalam proyek Meikarta digelar pada bulan Desember 2018 lalu, sejumlah terdakwa telah disidang. Selain itu, beberapa saksi pun telah dihadirkan untuk menyampaikan keterangan.

Pada hari Senin (14 Januari 2019) kemarin, salah seorang menteri Kabinet Kerja disebut pada sidang terkait proyek Meikarta itu.

Dalam sidang yang digelar di Bandung itu, Neneng Hasanah yang sudah dinonaktifkan dari jabatan Bupati Bekasi, menuturkan, ada menteri yang menyampaikan permintaan agar dia memuluskan izin proyek Meikarta.

“Tjahjo Kumolo bilang kepada saya, 'Tolong perizinan Meikarta dibantu',” kata Neneng di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, seperti dilansir Republika.

Neneng bercerita, pada waktu itu, dia diminta untuk bertolak ke Jakarta guna menemui Dirjen Otonomi Daerah Soni Soemarsono. Pada saat itu, Thahjo menghubungi Soemarsono melalui telepon.

Tak lama setelah itu, Soemarsono menyerahkan telepon genggamnya kepada Neneng. Lalu, dalam sambungan telepon itu, Tjahjo meminta kepadanya supaya mempermudah izin proyek Meikarta.

Neneng pun menyetujui permintaan Tjahjo tersebut. Akan tetapi, ujarnya, mesti memenuhi peraturan yang ada.

Di persidangan itu pun diketahui ada uang yang diterima oleh beberapa anggota dewan aktif dari Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search