Membanggakan, Ini Kata Istri Erdoğan Soal Kekerasan Terhadap Perempuan

- November 28, 2018
Istri Presiden Turki Emine menyampaikan pernyataan yang membanggakan terkait kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.

“Semua bentuk kekerasan terhadap perempuan adalah kejahatan terhadap kemanusiaan,” ujarnya pada hari Ahad (25 November 2018) seperti dikutip Daily Sabah.

Hal tersebut Emine katakan melalui akun twitter resmi miliknya. Pernyataan itu dia sampaikan berkaitan dengan Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan yang jatuh pada tanggal 25 November setiap tahun.

Istri Presiden Erdoğan itu juga menutup cuitannya dengan tanda pagar #KadinaSiddeteHayir (Katakan tidak untuk kekerasan terhadap perempuan). Di samping itu, ia juga berpartisipasi dalam video yang diterbitkan akun presiden Turki tentang kampanye untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan.

Dalam video singkat itu disebutkan, segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga adalah tindakan ilegal dan terlarang.

Dalam konteks yang sama, sejumlah aktivis melakukan aksi damai guna memperingati Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan di beberapa kota di Turki.

Di ibukota Ankara, Forum Perempuan di Universitas Ankara menyelenggarakan aksi damai dengan mengasung tema “Hidup yang Aktif.”

Aksi tersebut dihadiri oleh wali kota Ankara dan beberapa akademisi dari Universitas Ankara.

Sementara itu, di Provinsi Izmir yang terletak di ujung barat Turki, Bidang Pemberdayaan Perempuan Partai Keadilan dan Pembangunan (PKP) juga mengoordinasikan aksi damai bersama kaum perempuan di provinsi tersebut.

Untuk mengekspresikan penolakan terhadap kekerasan, para peserta aksi memegang balon berwarna oranye dan spanduk anti-kekerasan terhadap perempuan.

Sebagian besar negara di dunia, pada tanggal 25 November setiap tahunnya memperingati Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan. Hal ini mengindikasikan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search