Obat dan Perlindungan Sebelum Tidur yang Diajarkan Rasul, Hanya Butuh 3 Menit

- Oktober 19, 2018
perlindungan sebelum tidur
Sayyid Qutb menyebutnya sebagai perlindungan. Demikian pula sejumlah ulama lainnya. Namun Syaikh Wahbah az Zuhaili menyebutnya sebagai obat.

Jadi ini adalah obat dan perlindungan yang diajarkan Rasulullah untuk dibaca sebelum tidur. Sangat mudah dan hanya butuh waktu tiga menit hingga lima menit.

Apa itu? Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas tiga kali. Caranya? Simaklah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ini:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Dari Aisyah bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya kemudian meniupkan ke kedua telapak tangannya dan membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangannya beliau mengusap tubuh beliau mulai kepala dan wajar serta anggota tubuh bagian luar. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari)

Ketika mengetengahkan hadits ini saat menjelaskan Tafsir Surat Al Falaq dalam Tafsir Al Munir, Syaikh Wahbah Az Zuhaili menerangkan: “diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan para pemilik Sunan mengenai perihal berobat dengan ketiga surat ini.”

Sedangkan Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zilalil Quran, menulis sebelum mengetengahkan hadits ini: “Allah dengan rahmat dan karuniaNya memberi pengarahan kepada Rasulullah dan umat beliau supaya memohon perlindungan dari kejahatan-kejahatan ini. Dan yang pasti bahwa apabila mereka memohon perlindungan kepada-Nya niscaya Dia akan melindungi mereka dan memelihara mereka dari kejahatan-kejahatan ini secara global dan terperinci.”

Apa saja kejahatan-kejahatan yang dimohonkan perlindungan kepada Allah dengan surat ini? Kejahatan-kejahatan itu disebutkan dalam Surat Al Falaq dan An Nas, yakni:

1. Seluruh kejahatan dari makhluk apa pun
2. Kejahatan yang terjadi pada waktu malam
3. Kejahatan sihir dan tukang sihir
4. Kejahatan orang yang hasad, termasuk penyakit ‘ain
5. Waswas dari setan jin dan manusia

Semoga kita bisa mengamalkan tuntunan Rasulullah ini. Dan semoga kita senantiasa mendapatkan perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. [Muchlisin BK/Fimadani.Net]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search