Amien Rais Pastikan Partai Barunya Berasaskan Islam

- September 12, 2020

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di awal era reformasi, Amien Rais mengatakan, dia akan mendirikan partai politik yang baru dalam waktu dekat. 

Menurut penuturannya, asas partai baru tersebut adalah Islam Rahmatan Lil Alamin (Islam rahmat bagi seluruh alam). 

“Islam melarang diskriminasi atas nama apa pun. Sementara semboyan kami adalah melawan kezaliman dan tegakkan keadilan,” tuturnya dalam video yang diunggah di kanal Youtube, Kamis (10 September 2020). 

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasioal (PAN) itu menyebutkan alasannya mendirikan partai baru. Menurutnya, rezim yang sedang berkuasa sekarang telah meninggalkan etika moral. 

Hal tersebut, tuturnya, bisa dilihat dari banyak indikasi bahwa negara Indonesia sedang berada di ambang krisis. 

Tokoh Muhammadiyah itu berharap, jika partai baru telah dibentuk, masyarakat dari lapisan menengah ke bawah bisa mewujudkan masa depan yang lebih baik daripada sekarang. 

Meskipun demikian, sampai saat ini, Amien Rais belum mau mengungkapkan nama dan logo partai barunya itu. Ia berharap masyarakat menunggu sampai ada pengumuman resmi dari pihaknya. 

Amien Rais adalah salah satu tokoh yang mulai dikenal di akhir-akhir pemerintahan mendiang Presiden Soeharto. Ia sering melontarkan kritik terhadap sejumlah kebijakan pemerintah kala itu. 

Amien pun ikut dalam demonstrasi yang menuntut Soeharto lengser dari jabatannya pada tahun 1998 silam. 

[Abu Syafiq/Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search