Pidato Prabowo Pakai Teleprompter? Catatan Akhir Redaksi Media Ini Cerdas

- Januari 15, 2019
Pidato Prabowo pakai teleprompter
Pidato kebangsaan Prabowo 'Indonesia Menang' (BeritaSatu)
Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut pidato 'Indonesia Menang' capres Prabowo Subianto sebatas menggunakan teleprompter. Alat tersebut membuat Prabowo seakan-akan pidato tanpa teks. TKN pun meminta rakyat tidak tertipu.

"Gaya retorika saja, apalagi dibaca melalui teleprompter. Rakyat jangan kecele (tertipu) seolah-olah orator tanpa teks, kan nggak itu hanya dibaca melalui teleprompter," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate, kepada wartawan, Senin (14/1/2019) malam, seperti dikutip Detik.

Lebih jauh Johnny mengatakan, pidato Prabowo hanya berupa narasi-narasi untuk mempengaruhi swing voters tanpa didukung dengan data terbaru. Pidato Prabowo, menurutnya, hanya menawarkan janji indah tanpa menawarkan program konkret.

Redaksi Mojok.co membenarkan pidato Prabowo menggunakan teleprompter. Telepromter bentuknya berupa tablet kaca. Ia mampu memantulkan teks dan bisa dilihat hanya dari satu sisi saja, sehingga audien atau para penonton yang ada di depan Prabowo tidak akan bisa melihat teks pidato tersebut.

Telepromter lazim digunakan untuk membantu orang berpidato, atau sering juga digunakan oleh pembaca acara berita dalam membacakan siaran berita di televisi di depan kamera. Sewaktu menjadi Presiden AS, Barack Obama juga menggunakan alat tersebut.

Dalam pidato kebangsaan Prabowo-Sandiaga kemarin, teleprompter tampak diletakkan di bagian kanan dan kiri podium.

Meskipun menggunakan teleprompter, pidato Prabowo dinilai tetap lebih baik daripada pidato Jokowi. Hal itu ditegaskan redaksi Mojok.co di akhir catatannya.

“Tapi dengan atau tanpa teks, pidato Prabowo memang lebih baik ketimbang Jokowi sih, hehehe…” simpul redaksi Mojok.co, Selasa (15/1/2019). [Fimadani]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search